//blog kang sandy
you're reading...
campuran

RPP Mata Pelajaran PAI/X/1


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMA Negeri kadipaten Tasikmalaya
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Pertemuan Ke- : 1 , 2
Standar Kompetensi : 1. Memahami ayat ayat Al Qur’an tentang manusia dan tugas sebagai khalifah di bumi
Kompetensi Dasar : 1.1. Membaca QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-
Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
1.2. Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-
14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
1.3. Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
Indikator : Setelah mempelajari kompetensi ini peserta didik dapat :
1. Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al- Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
2. Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78
3. Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78 dengan benar
4. Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78
5. Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
6. Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
7. Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
8. Mampu menunjukkan perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan.

I.Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
Membaca dengan fasih dan benar, menjelaskan penerapan ilmu tajwid, menyalin dengan benar, menghafal, menyimpulkan isi kandungan dan menunjukkan perilaku yang mencerminkan QS Al Baqarah {2} : 30
II. Materi Ajar :
1. Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS Al Baqarah {2} : 30
2. Menyalin dengan benar QS Al Baqarah {2} : 30
3. Menjelaskan arti secara harfiah dan terjemahan QS Al Baqarah {2} : 30
4. Menjelaskan kandungan isi QS Al Baqarah {2} : 30
5. Menjelaskan perilaku yang mencerminkan kandungan isi QS Al Baqarah {2} : 30

III. Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, praktik dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
1. Pendahuluan
a. Guru memberi salam dan memulai dengan Berdoa bersama /membaca Basmallah dilanjutkan tadarrus.
b. Guru memimpin tadarrus bersama-sama selama 5- 10 menit dengan membuka Al-Quran atau halaman tadarrus pada buku integrasi budi pekerti dalam buku pendidikan agama islam.
c. Guru menjelaskan secara singkat materi dan langkah-langkah pembelajaran yang akan di laksanakan.
B. Kegiatan Inti :
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
a. Melibatkan siswa untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang QS. Al-Baqarah Ayat 30, al-Mukminun Ayat 12-14, az-Zariyat : 56, dan an-Nahl: 78, guru mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut :
a) Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca QS Al-Baqarah Ayat 30,Al-Mukminun: 12-14,Az-Zariyat ayat 56, an-nahl :78 ?
b) Pernakah kalian membaca kandungan QS Al-Baqarah : 30, Al-Mukminun: 12-14,Az-Zariyat ayat 56, an-nahl :78 ?
b. Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca Al-Quran untuk memimpin siswa-siswa lain guna membaca ayat-ayat Al-Quran tersebut di bawah bimbingan guru.
c. Setelah siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca kandungan ayat-ayat tersebut.
d. Guru meminta beberapa siswa menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam ayat-ayat tersebut.

2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
a. Membiasakan siswa untuk membaca dan menghafal ayat-ayat, khususnya yang berhubungan dengan proses kejadian manusia menurut pandangan Islam.
b. Memfasilitasi siswa dengan melalui beberapa tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik berupa tulisan maupun lisan.
c. Memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan proses kejadian manusia menurut pandangan Islam.
d. Memfasilitasi siswa untuk berkompetensi secara sehat untuk mempertajam pemahaman materi yang tengah dibahasa.
e. Memfasilitasi siswa untuk mempretasikan hasil kerja kelompok.
f. Memfasulitasi siswa untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri bahwa orang yang paling mulia di sisi Allah adalah ketaqwaannya.

3. Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
a. Memberikan umpan balik positif dn penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
c. Memfasilitasi siswa untuk melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d. Mememfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi belajar , yakni :
1) Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
2) Membantu menyelesaikan masalah siswa dalam melakukan pengecekan hasil ekplorasi.
3) Memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih jauh dan mendalam
4) Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

4. Konsolidasi pembelajaran
a) Siswa membaca arti Qs.Al-Baqarah ayat 30, al-Mukminun Ayat 12-14, az-Zariyat : 56, dan an-Nahl: 78. Selajutnya guru mengajukan pertanyaan tentang arti ayat-ayat tersebut.
b) Guru meminta siswa menyalin ayat-ayat tersebut beserta artinya dengan benar.
c) Guru kemudian menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat-ayat tersebut.
d) Siswa berdiskusi tentang proses kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut secara berkelompok.
e) Siswa menyampaikan hasil diskusinya.
4. Pembentukan sikap dan Prilaku
a) Qs.Al-Baqarah ayat 30, al-Mukminun Ayat 12-14, az- Zariyat : 56, dan an-Nahl: 78. Menjelaskan awal hingga akhir kehidupan manusia.
b) Penjelasan itu akan memberikan hikmah agar manusia memiliki sifat rendah hati serta menjauhi sifat angkuh dan sombong.
c) Qs.Al-Baqarah ayat 30, al-Mukminun Ayat 12-14, az- Zariyat : 56, dan an-Nahl: 78. memberikan gambaran yang jelas bahwa Allah telah menciptakan manusia dengan rencana dan rekayasa yang sempurna. Hal itu menunjukkan kebesaran dan kesempurnaan Allah swt.

C. Kegiatan Akhir :
1. Guru memintah siswa untuk sekali lagi membaca Qs.Al-Baqarah ayat 30, al-Mukminun Ayat 12-14, az-Zariyat : 56, dan an-Nahl: 78. sebagai penutup pelajaran.
2. Guru memintah siswa agar rajin belajar untuk memahami ayat-ayat tersebut.
3. Memeriksa hasil tugas terstruktur dan mandiri dalam Buku Praktikum masing masing siswa
4. Guru menutup pelajaran dengan membaca doa, hamdala, dan mengucapkan salam.

V. Alat, Materi dan Sumber Belajar
Alat : Lap top, internet, Papan tulis/ white board
Materi Belajar :
1. Membaca dengan benar QS Al Baqarah {2} : 30
2. Menyalin dengan benar QS Al Baqarah {2} : 30
3. Mengartikan dengan benar QS Al Baqarah {2} : 30
4. Menyimpulkann isi kandungan QS Al Baqarah {2} : 30 dan mencari ayat ayat munasabah yang ada dalam modul bahan ajar
5. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan QS Al Baqarah {2} : 30

Sumber Belajar
 Al Qur’an dan Terjemah
 Buku Modul Bahan Ajar
 Buku Tafsir
 Buku ulumul quran
 buku tajwid
 Buku lain yang relevan.

Penilaian meliputi :
A. Penilaian Proses dan Hasil Kegiatan Belajar
1. Pengetahuan
2. Keterampilan
3. Sikap

B. Penilaian Kegiatan Mentoring Agama
1. Tadarrus dan hafalan Al Qur’an
2. Muhasabah
3. Pendalaman dan pengayaan materi

C. Penilaian Kegiatan Mandiri, meliputi :
1. Pengamalan Agama di sekolah
2. Pengamalan Agama di rumah
3. Pengamalan Agama di masyarakat

D. Tes tertulis.
Contoh soal.
1. Kemukakan tahapan-tahapan kejadian manusia sesuai Qs Al-Mukmin?
2. Kemukakan kandungan Al-Quran surah an-Nahl ayat 78?
3. Apa yang dimaksud dengan manusia sebagai khalifah di muka bumi?
4. Kemukakan inti sari QS az-Zariyat ayat 56?
5. Mengapa para malaikat mempertanyakan rencana Allah menciptakan manusia sebagai khalifah?
Jawab.
1. Tahapan penciptaan manusia:
– Sulalati min tin ( sari pati tanah)
– Nutfah ( sel sperma)
– Fi’ qararin makin ( tempat yang kukuh atau rahim)
– Alaqah (Embrio) hasil pembuahan.
– Mudqah (segumpal daging)
– Izam adalah Mudgah yang telah diberikan tulang belulang.
– Khlqan akhara adalah mahluk dalam bentuk lain.
2. Kandungan Qs an-Nahl:
– Pendengaran, penglihatan dan hati nurani, sehingga manusia akan menjadi makhluk yang sempurna agar mampu menjalankan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi.
3. Manusia sebagai khalifah adalah seseorang yang dijadikan pengganti atau diberi wewenang untuk bertindak sesuai dengan ketentuan dari Allah swt.
4. Inti sari Qs Az-Zariyat adalah Allah SWt tidak menjadikan manusia dan jin melainkan untuk menyembah hanya kepada Allah. Jin dan manusia dijadikan Allah untuk tunduk dan patuh kepada-Nya.
5. Malaikat menggap bahwa dirinya lebih pantas memangku jabatan tersebut sebab mereka senantiasa memuji Allah SWT sepanjang hidup mereka.
Skor akurasi jawaban nilai menggunakan skala antara 10-100.

C. Tes Performence.
Skor tes performance :
1. Membaca lancar dan baik = 80-90
2. Membaca lancar kurang baik = 70-79
3. Membaca terbata-bata = 60-69
4. Membaca terbata-bata dengan bantuan guru = 50-59
5. tidak dapat membaca =<50>

F. Tes Produk
Buatlah karangan dengan tema manusia sebagai khalifah di muka bumi !
Gunakan ayat Al-Quran dan hadits untuk mendukung tulisanmu!

No Nama siswa Judul Karangan Aspek Yang dinilai Rata-rata
A B C D

Keterangan:
A. Ketepatan dan kesesuaian ayat dan hadits dengan tema
B. Alur dan sistematika
C. Kerapian
D. Akurasi pembahasan
Nilai Menggunakan skala 10-100

D. Tes Sikap

No Pernyataan SS S TS STS Ket
1. Manusia tidak pantas bersikap sombong karena manusia diciptakan dari setetes air yang hina.
2. Membaca al-Quran mengandung banyak nilai ibadah.
…. ………………………………………………

 

E. Tes Potopolio
Tes pengalaman di lakukak dengan menggunakan potopolio. Dalam hal ini, guru mencatat pengalaman agama berdasarkan apa yang dilihat, laporan rekan guru atau pengawai lainnya dan laporan orang tua siswa.
Contoh
1. Diskusikan proses kejadian manusia menurut Al-Quran dan menurut ilmu biologi!
2. Benarkah kekhawatiran malaikat bahwa manusia akan melakukan kerusakan menumpahkan dara di bumi menjadi kenyataan!

Tasikmalaya, 10 Juli 2013
Mengetahui
Kepala SMAN kadipaten Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

H. M. Muslich Sjahid, S.Pd., MM Susniati Raden, S.Pd
NIP. 195602 12 198012 1002 NIP. 19570208 198403 2 0

 

 

 

 

 

 

 

 sedikit RPP semoga bermanfaat yachhh …

 

 

 

 Gambar

About lusikurniasandi

simple

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: