//blog kang sandy
you're reading...
campuran


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

Nama Sekolah         :  SMK NEGERI KADIPATEN

Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester      : X/1

Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit

Aspek                        :  Al-Qur’an

A.  Standar Kompetensi

1.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan  tugas-nya sebagai khalifah di bumi.

B.  Kompetensi Dasar

1.1       Membaca  QS Al Baqarah : 30, Al – Mukminun: 12-14, Az -Zariyat: 56 dan An Nahl : 78

1.2       Menyebutkan arti  QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 7

1.3       Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan

Karakter Bangsa

–  Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.

–  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78

–  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78 dengan benar

–  Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30,  Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78

–  Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.

–  Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78

–  Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78

–  Mampu menunjukkan perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan.

 

Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

 

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

–  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.

–  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain

–  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

–  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).

–  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)

–  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

 

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)

–  Q.S. Al-Baqarah; 30

–  Q.S. Al-Mukminun; 12-14

–  Q.S. Az-Zariyat; 56

–  Q.S. An Nahl: 78

–  Q.S. Al-Baqarah; 30

–  Q.S. Al-Mukminun; 12-14

–  Q.S. Az-Zariyat; 56

–  Q.S. An Nahl: 78

–  QS. Al-Baqarah; 30

–  QS. Al-Mukminun; 12-14

–  QS. Az-Zariyat; 56

–  QS. An Nahl; 78

E.  Metode Pembelajaran:

–  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran

Siswa diharapkan mampu untuk :

  • –  Membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
  • Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78
  •  Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  • Mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  • Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Baqarah: 30,  Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  • Mengidentifikasi perilaku Khalifah di bumi yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
  • Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai QS Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
  • Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

G.     Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

–  Siswa mengamati Membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78

–  Siswa mengamati tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78

–  Mengartikan perkata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78

–  Mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78

–  Menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78

–  Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78

–  Siswa membiasakan perilaku Khalifah yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78

–  Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78

–  Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

–      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.

–      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán

–      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit

–      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

 

b.   Kegiatan Inti

Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

Elaborasi

–      Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78,

–      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:

–      Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas?

–      Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?

–      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 ?

–      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.

–      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, yaitu sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

–      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, yaitu sebagai berikut.

ô‰s)s9ur $oYø)n=yz z`»|¡SM}$# `ÏB 7’s#»n=ߙ `ÏiB &ûüÏÛ ÇÊËÈ   §NèO çm»oYù=yèy_ ZpxÿôÜçR ’Îû 9‘#ts% &ûüÅ3¨B ÇÊÌÈ   ¢OèO $uZø)n=yz spxÿôܑZ9$# Zps)n=tæ $uZø)n=y‚sù sps)n=yèø9$# ZptóôÒãB $uZø)n=y‚sù sptóôÒßJø9$# $VJ»sàÏã $tRöq|¡s3sù zO»sàÏèø9$# $VJøtm: ¢OèO çm»tRù’t±Sr& $¸)ù=yz tyz#uä 4 x8u‘$t7tFsù ª!$# ß`|¡ômr& tûüÉ)Î=»sƒø:$# ÇÊÍÈ  

–      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Az-Zariyat : 56, yaitu sebagai berikut:

$tBur àMø)n=yz £`Ågø:$# }§RM}$#ur žwÎ) Èbr߉ç7÷èu‹Ï9 ÇÎÏÈ  

–      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat An-Nahl: 78, yaitu sebagai berikut:

ª!$#ur Nä3y_t÷zr& .`ÏiB ÈbqäÜç/ öNä3ÏF»yg¨Bé& Ÿw šcqßJn=÷ès? $\«ø‹x© Ÿ@yèy_ur ãNä3s9 yìôJ¡¡9$# t»|Áö/F{$#ur noy‰Ï«øùF{$#ur   öNä3ª=yès9 šcrãä3ô±s? ÇÐÑÈ  

–      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78

Eksplorasi

–      Selanjutnya siswa membaca arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 

–      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78  kepada siswa.

–      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78  berikut artinya dengan benar.

–      Setelah selesai menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78  berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut. Sebagai contoh:

Bacaan

Hukum Bacaan

Cara Membacanya

Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “ta” ( ت )

 

Hukum bacaanya adalah “ Ikhfa

 

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ تُـرَابٍ  ” ” dibaca dengan dengung

Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “nun”      ( ن )

 

Hukum bacaanya adalah “Idgham bighunnah

 

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ نُـطْـفَـةٍ  ” ” dibaca dengan dengung

 

 

Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “ ‘ain”     ( ع )

 

Hukum bacaanya adalah “ Izhar

 

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ عَـلَـقَـةٍ  ” ” dibaca dengan jelas

 

–      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.

–      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 secara berkelompok.

–      Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78  secara berkelompok.

–      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

 

Konfirmasi

–      Dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti penciptaan manusia dan penguasaannya di bumi, perkembangan kejadian manusia dan kehidupannya di akhirat, serta tugas  jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada Alloh SWT. Jika direnungkan, betapa tingginya derajat orang-orang yang beriman karena memiliki suatu amanah sebagai kholifah dimuka bumi ini.

 

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)

–      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 sebagai penutup materi pembelajaran.

–      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.

–      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.

–      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. 

H.  Penilaian

–  Tes perbuatan (Performance)

–  Tes tertulis

 

I.    Bahan/Sumber Belajar

–  Al Quran dan terjemahan Departemen AgamaRI

–  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

 

J.   Lembar Penilaian

I. Tes Tertulis

No.

Butir – butir Soal

Kunci Jawaban

1.

Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti bahwa Allah Swt tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah-Nya

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

 

2.

لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ Arti penggalan ayat tersebut adalah……..

 

Agar kamu menjadi orang-orang yang bersukur

3.

Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “nun” adalah…….

 

Idgham Bighunnah

 

II. Tes Perbuatan

No.

Nama Siswa

Kemampuan Membaca

1

2

3

4

5

  1. 1

Usman

 

 

 

 

 

  1. 2

Said

 

 

 

 

 

  1. 3

Sutejo Ade

 

 

 

 

 

Dst

Dst……………………..

 

 

 

 

 

 

Keterangan :                                                          Skor Tes Perbuatan :      

  1. = Membaca lancar dan baik                                        = 80 – 90 = A
  2. = Membaca lancar kurang baik                                  = 70 – 79 = B
  3. = Membaca Terbata-bata                                             = 60 – 69 = C
  4. = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru    = 50 – 59 = D
  5. = Tidak dapat membaca                                              = kurang dari 50 = E

 

III. Tes Sikap

No.

Pernyataan

SS

S

TS

STS

1.

Tujuan Kita diciptakan oleh Allah SWT adalah ditugaskan sebagai Kholifah.

 

 

 

 

2.

Membaca Al Qur’an banyak mengandung nilai ibadah.

 

 

 

 

3.

Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah dapat kita lalukan dengan mengucapkan hamdalah  اَلْحَمْـدُِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ  ““ setiap kali kita memperoleh nikmat serta menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.

 

 

 

 

 

dst

……………………………………………….

 

 

 

 

Keterangan :                              Skor Tes Sikap:

SS            = Sangat Setuju                               = 50

S              = Setuju                                             = 40

TS            = Tidak Setuju                                  = 10

STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

 

IV. Portofolio

–      Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:

–      apa yang dilihat;

–      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan

–      laporan dari orangtua murid atau siswa

 

  

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

_________________________

NIP/NIK:

 

………….. , ………………………….

Guru Bidang Studi

 

 

 

_________________________

NIP/NIK:

About lusikurniasandi

simple

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: