//blog kang sandy
you're reading...
campuran

LAPORAN PPL


BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG LAPORAN

Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek, karena dalam kegiatan pembelajaran senantiasa menyatukan berbagai komponen pembelajaran yang terintegerasi, seperti tujuan pembelajaran yang harus dicapai, materi, metode, media dan sumber pembelajaran, evaluasi, siswa, guru, dan lingkungan pembelajaran lainnya. Setiap unsur pembelajaran tersebut antara satu komponen dengan komponen lainnya saling terkait dan mempengaruhi dalam suatu proses pembelajaran secara terpadu untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Ketika seorang guru berdiri di depan kelas melaksanakan kegiatan pembelajaran, ia tidak hanya cukup dengan telah menguasai materi pembelajaran yang harus disampaikan kepada siswa. Lebih luas dari sekedar menguasai mata pelajaran, setiap guru harus mampu mengelola seluruh unsure pembelajaran agar dapat berinteraksi dengan siswa, sehingga memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu, disinilah letaknya pembelajaran meripakan suatu proses yang komplek.

Mengingat kompleknya proses pembelajaran, maka bagi setiap mahasiswa calon guru maupun bagi yang telah menduduki jabatan profesi guru, kemampuan mengajar senantiasa harus dilatih dan dikembangkan sehingga dapat diperoleh kemampuan yang maksimal dan lebih professional.

Salah satu upaya untuk mempersiapkan kemampuan para calon guru atau untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam menghadapi tugas pembelajaran yang serba komplek itu, maka terlebih dahulu dapat dikondisikan atau melakukan proses latihan melalui suatu pendekatan pembelajaran, yaitu dengan mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL).

  1. DASAR HUKUM LAPORAN

Laporan PPL ini disusun berdasarkan kepada Juknis tentang penyusunan laporan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) yang merupakan kewajiban bagi setiap praktikan untuk menyusun laporan sebagai bukti telah melaksanakan tugas PPL.

  1. TUJUAN DAN MANFAAT PRAKTEK KEGURUAN

Praktek Keguruan bertujuan dan bermanfaat untuk:

  1. Membiasakan calon guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  2. Menguasai teknik-teknik penyampaian materi pembelajaran setiap bidang studi
  3. Memperhatikan syarat-syarat sarana persekolahan
  4. Mampu memanfaatkan situasi fisik, psikis, sosial dalam bimbingan peserta didik
    1. Mampu melaksanakan evaluasi.
  5. SISTIMATIKA LAPORAN

BAB I                 :Pada BAB ini difokuskan pada penjelasan latar belakang mengenai diselenggarakannya Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) disertai dengan dasar hukum, tujuan dan manfaat yang ditimbulkan oleh Praktek Pengenalan Lapangan (PPL).

BAB II                :Pada BAB ini difokuskan pada penjelasan mengenai gambaran lokasi tempat penyusun melakukan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) sampai pada penjelasan yang detail.

BAB III              :Pada BAB ini difokuskan pada penyusunan data hasil laporan yang disajikan dalam bentuk tabel.

BAB IV              :Pada BAB ini diisi dengan kesimpulan dan saran mengenai Praktek Pengenalan Lapangan (PPL)

Lampiran-Lampiran

BAB II

DESKRIPSI LOKASI PRAKTEK KEGURUAN

  1. LOKASI PRAKTEK KEGURUAN
  2. Sejarah SMA Serba Bakti Suryalaya

SMA Serba Bakti Suryalaya

  1. Identitas Sekolah

Identitas SMA Serba Bakti Suryalaya

  1.  

Nama Sekolah

:

SMA Serba Bakti Suryalaya

  1.  

Nomor Statistik Sekolah

:

………

  1.  

Akreditasi Sekolah

:

A (Baik Sekali)

  1.  

Alamat Lengkap Sekolah

:

Jl. Suryalaya, Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya.

  1.  

Nama Kepala

:

Dra. Ai Warisdiani

  1.  

No. Telp/ HP

:

(0265) 454 009

  1.  

Nama Yayasan

:

Yayasan Serba Bakti PP. Suryalaya

  1.  

Alamat Yayasan

:

PP. Suryalaya

  1.  

Telp. Yayasan

:

(0265)

  1.  

E-mail

:

smaseba@yahoo.co.id

  1.  

Kode POS

:

46158

  1.  

No. Rekening

:

4459-01002370-53-9

  1.  

No. Akte Pendirian Yayasan

:

………

  1.  

Kepemilikan Tanah

:

Swasta

  1. Status Tanah
  2. Luas Tanah ……..
  3.  
 

Status Bangunan

:

Swasta

  1.  

Luas Bangunan

:

……..

 

 

 

  1. Unsur Pimpinan SMA Serba Bakti
    1. Data Pribadi Kepala Sekolah

Nama                                 : Dra. Ai Warisdiani, M.Pd

NIP /Nomor Seri Karpeg  : 19640612 198903 2 018 / NOE 651024

Tempat/Tgl Lahir              : Garut, 12 Juni 1964

Jenis Kelamin                    : Perempuan

Pendidikan Tertinggi        : S.2

Agama                               : Islam

Kebangsaan                       : Indonesia

Pangkat/Gol/Ruang           : Pembina TK I / IV/b

Jenis Kepegawaian            : Kepala  SMA Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya

Alamat Tinggal                 : Suryalaya RT 05 RW 02 Desa Tanjungkerta

Kec. Pagerageung Kab. Tasikmalaya

  1. Pendidikan  Umum

No

Nama Pendidikan

Jurusan

Lulusan Tahun

1

UNSIL Tasikmalya

PKLH

2009

2

IKIP Bandung

Olahraga Kes Dan Rekreasi

1987

3

SMA Negeri Garut

Sosial

1983

4

SMP Negeri Wanaraja

 

1980

5

SD Negeri Wanaraja

 

1976

 

  1. Riwayat Jabatan di Sekolah

No

Nama Jabatan

Dari Tahun s.d. Tahun

Tempat

1.

Guru Penjaskes

1989 – 1993

SMA YKBB Leles Garut

2.

Guru Penjaskes

1994 – sekarang

SMA SB Suryalaya

3.

Kepala Tata Usaha

1997 – 1998

SMA SB Suryalaya

4.

Wakasek. Ur.Kurikulum

1999 – 2005

SMA SB Suryalaya

5.

Plh. Kepala SMA Serba Bakti Suryalaya

1999 – 2008

SMA SB Suryalaya

6.

Kepala SMA Serba Bakti Suryalaya

2008 – sekarang

SMA SB Suryalaya

  1. Sarana Prasarana SMA Serba Bakti

No

Jenis Ruangan

Jumlah

Luas ( m2)

Kondisi

Baik

Rusak

  1.  

Ruang Kepala Sekolah

1

3 X 7 m2

V

  1.  

Ruang Wakasek

1

3 X 7 m2

V

  1.  

Ruang TU

1

6 X 8 m2

V

  1.  

Ruang Guru

1

8 X 15 m2

V

  1.  

Kelas / Teori

10

8 X 9  m2

6

4

 

Laboratorium IPA

1

8 X 15 m2

V

a. Laboratorium Fisika

b. Laboratorium Biologi

c. Laboratorium Kimia

1

8 X 15 m2

V

d. Laboratorium Bahasa

  1.  

Perpustakaan

1

8 X 12 m2

V

  1.  

Keterampilan

  1.  

Kesenian

  1.  

Olah Raga

8 X 3 m2

V

  1.  

OSIS

1

8 X 3 m2

V

  1.  

Mushola

1

8 X 5 m2

V

  1.  

Kantin Sekolah

2

3 X 4 m2

V

 

  1. Buku Perpustakaan

Buku Pegangan Guru

Buku Teks Siswa

Buku Penunjang

Jumlah Judul

Jumlah Eksemplar

Jumlah Judul

Jumlah Eksemplar

Jumlah Judul

Jumlah Eksemplar

12

20

50

2500

50

1600

 

  1. Prestasi Sekolah
    1. Akademik

No.

Nama kegiatan

Tingkat

Juara

Tahun

1

Olimpiade Sains Ekonomi

Kab

2

2010

2

Olimpiade Sains Matematika

Kab

3

2011

3

Olimpiade Sains Kimia

Kab

3

2012

4

Olimpiade Sains Komputer

Kab

3

2012

 

  1. Non Akademik

No.

Nama kegiatan

Tingkat

Juara

Tahun

1

LOMBA KEBERSIHAN

KEC

2

2002

2

LARI 100 m PA

KAB

1

2006

3

GLOBAL YHOUTH Hockey PA

PROVINSI

1

2007

4

GLOBAL YHOUTH Hockey PI

PROVINSI

1

2007

5

KEJURDA HOCKEY PA

PROVINSI

1

2007

6

KEJURDA HOCKEY PI

PROVINSI

1

2007

7

LARI 100m PI

KAB

2

2007

8

KEJ.MARATON 10 km PI

KAB.

HAR.2

2008

9

LARI 100 m PI

KAB

2

2008

10

GLOBAL YHOUTH HOCKEY PA

PROVINSI

1

2008

11

KASTI PI

DESA

1

2008

12

KEJURDA HOCKEY Putra

PROVINSI

1

2009

13

Lari 100 m Putri

Kab

1

2009

14

Loncat Tinggi Putri

Kab

1

2009

15

Loncat Tinggi Putra

Kab

3

2009

16

Kejurnas Hockey Antar Pelajar UNJ Cup Jakarta ( Putri )

Nasional

2

2010

17

Kejurnas Hockey Antar Pelajar STIE Indonesia  Cup Jakarta ( Putri )

Nasional

2

2011

18

Kejuaraan Marathon 10 K Kab. Tasikmalaya

Kab

3

2011

19

Duta Remaja BKKBN

Prov

1

2012

20

Lompat Tinggi Putri O2SN

Kab

1

2012

21

Kejurnas Hockey Antar Pelajar STIE Indonesia  Cup Jakarta ( Putri )

Nasional

3

2012

 

 

  1. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi

“Sekolah yang memiliki disiplin, religius dan peduli terhadap lingkungan sehingga siswa nyaman dalan mengembangkan potensi yang dimiliki”

Misi

  1. Menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman.
  2. Menanamkan disiplin di lingkungan warga sekolah
  3. Mengupayakan lingkungan sekolah yang bersih, asri dan tertata rapi
  4. Membentuk siswa yang berakhlakul karimah
  5. Membina hubungan yang baik antar warga sekolah dengan lingkungan  masyarakat
  6. Memotivasi siswa agar tergali potensinya
  7. Meningkatkan prestasi belajar siswa

Tujuan

  1. Sekolah terbebas dari pengaruh negatif seperti napza ,pornografi, pornoaksi dan pergaulan bebas, setiap siswa mampu membaca Al-quran dengan fasih
  2. Membiasakan siswa membaca Tawasul pada setiap hari sebelum pelajaran dimulai
  3. Setiap siswa bersikap dan berprilaku sesuai dengan tata tertib yang berlaku di sekolah, seperti datang tepat pada waktunya, sopan dalam berpakaian, berbicara dan prilaku.
  4. Peduli terhadap lingkungan misalnya berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti, memelihara kebersihan masjid yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
  5. Kelulusan siswa mencapai 100 %.

 

  1. KEADAAN CIVITAS AKADEMIKA
  2. Keadaan Guru

Susunan pembagian tugas guru dalam Jabatan

  1. Kepala Sekolah                                 :  Dra. Ai Warisdiani
  2. Wakasek Bidang Kurikulum            :  Agus M.MPd
  3. Wakasek Bidang Kesiswaan            :  Nurhadi Al Habsi, S.Pd.I
  4. Wakasek Bidang Sarana Prasarana  :  Drs. Dede Suparman
  5. Wakasek Bidang Humas                  :  Riad Jamil, S.Pd.I
  6. Kepala Perpustakaan                        :  Hedi Komara, S.Pd.I
  7. Pengelola Laboratorium
    1. Koordinator Lab. MIPA            :  Lina Roslina, S.Pd
    2. Koordinator Lab. Komputer      :  Eri Jauhar Asmara, S.Pd.I
    3. Bimbingan dan Konseling                : Rd. Epih Saepudin           

 

Daftar Guru SMA Serba Bakti Suryalaya

No.

Nama

Bidang Studi

  1.  

Pipit S., S.Pd

Bahasa Inggris

  1.  

Dra. Lela Kamilah, M.Pd

Biologi

  1.  

Drs. Agus M.MPd

Matematika

  1.  

Drs. Dede S.

Ekonomi

  1.  

Teten T., S.Pd

PLH

  1.  

Lina Roslina, S.Pd

Kimia

  1.  

Lilis S.Pd

Bahasa Inggris

  1.  

Riad Jamil, S.Pd.I

Sosiologi

  1.  

Olih S.Kom

TIK

  1.  

 

Sejarah

  1.  

Nurhadi Al Habsi, S.Pd.I

PKn

  1.  

Hedi Komara, S.Pd.I

Bahasa Sunda

  1.  

Entik M., S.Pd

Bahasa Indonesia

  1.  

Lela N., S.Pd

Penjas

  1.  

Dadan D., S.Pd

Fisika

  1.  

Syarif Hasani, S.Pd.I

Bahasa Arab

  1.  

 

Matematika

  1.  

Yuli N., S.Pd

Geografi

  1.  

Yanti H., S.Ag

Bahasa Indonesia

  1.  

Agus Samsul Bassar, M.MPd

PAI

  1.  

Eri Jauhar, S.Pd.I

TIK

  1.  

 

Seni Budaya

  1.  

Gungun, ST

Fisika

  1.  

Syarief H., S.Pd.I

Kepesantrenan

  1.  

Enung M., S.Pd

Bahasa Indonesia

 

No

Bidang / Mata Pelajaran

Jumlah Personil Per – MP

Kesesuaian Dengan Latar Belakang Pendidikan

Sesuai   

( Matc )

Tidak Sesuai

(Mismact)

1

P. Agama Islam

2

V

2

PPKn/Kewarganegaraan

1

V

3.

Bhs Dan Sas Indonesia

3

V

V

4.

Bahasa Inggris

2

V

5.

Matematika

2

V

V

6.

Fisika

2

V

7

Biologi

1

V

8

Kimia

1

V

9

Sejarah

1

V

10

Geografi

1

V

 

11

Sosiologi

1

V

12

Ekonomi

1

V

13

Seni Budaya

2

V

14

Pendidikan Jasmani

2

V

15

Pendidikan Lingkungan Hidup

1

V

16

Bahasa Sunda

1

 

V

17

Laboratorium

1

V

18

Pustakawan/wati

2

V

19

Bimbingan Konseling

1

V

 

Jumlah

27

11

9

 

  1. Karyawan

No.

Nama

Jabatan

  1.  

Oo Syarifudin

Koordinator TU

  1.  

Nurdaliana

Bendahara

  1.  

Nurhumaedah

Pengarsipan

  1.  

 

 

  1.  

 

 

 

 

  1. Peserta Didik

Tabel Keadaan Peserta Didik Bulan Juli-September 2011

NO

KELAS

BULAN

JULI

JML

AGS

JML

SEPT.

JML

L

P

L

P

L

P

  1.  

X 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

X 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

X 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JML

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

XI IPS 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

XI IPS 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

XI IPS 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JML

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

XII IPS 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

XII IPS 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

XII IPA 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.  

XII IPA 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JML

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JML TOTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Data Siswa dalam 3 Tahun Terakhir

Tahun Ajaran

Kelas X

Kelas XI

Kelas XII

Jumlah

Jml Siswa

Jml Rombel

Jml Siswa

Jml Rombel

Jml Siswa

Jml Rombel

Jml Siswa

Jml Rombel

2010/2011

97

3

73

2

77

3

247

8

2011/2012

110

3

105

3

62

2

277

8

2012/2013

100

3

106

3

95

4

301

10

 

 

  1. Rasio Penerimaan Siswa

Tahun Pelajaran

Jumlah Siswa

Pendaftar

Diterima

Prosentase Yang Diterima

2008

70

70

100 %

2009

73

73

100 %

2010

97

97

100 %

2011

110

110

100 %

2012

100

100

100 %

 

 

  1. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Kegiatan Ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMA Serba Bakti Suryalaya:

  1. Bidang Kepemimpinan               : OSIS
  2. Bidang Bela Negara                    : Upacara Bendera, Paskibra, PRAMUKA
  3. Bidang Kesehatan                       : KRR
  4. Bidang Seni                                : Angklung
  5. Bidang Keagamaan                     : Manaqib bulanan
  6. Bidang Olah raga                        : Hockey

 

 

Daftar Pembina ekstrakurikuler

No

Nama

Ekstrakurikuler

  1.  

 

 

  1.  

 

 

  1.  

 

 

  1.  

 

 

  1.  

 

 

  1.  

 

 

 

 

Mengetahui,

Ketua Komite

 

 

 

Rd. Hedi Hadiat, SE

Suryalaya, 15 September 2012

 

Kepala Sekolah

 

 

 

Dra. Ai Warisdiani

NIP. 196406121989032018

BAB III

LAPORAN HASIL PRAKTEK KEGURUAN

  1. Laporan Hasil Observasi

Observasi dilakukan untuk mengenal lebih dalam tentang sekolah yang akan menjadi tempat pelaksanaan Praktek Pendalaman Lapangan (PPL) kelompok SMA Serba Bakti Suryalaya .

No.

Tanggal

Observant

  1.  

25 Juli 2012

–          Gedung Sekolah dan perlengkapannya

–          Personalia

–          Peserta Didik

  1.  

26 Juli 2012

–          Perpustakaan Sekolah

–          OSIS

  1.  

27 Juli 2012

–          Ekstrakurikuler

–          Organisasi Komite Sekolah

 

  1. Laporan Hasil Partisipasi

Selain Kegiatan Belajar Mengajar dikelas, para praktikan juga mengikuti beberapa kegiatan partisipasi yang menjadi kebiasaan dilakukan di SMA Serba Bakti Suryalaya sebagai bagian dari pengabdian dan pengenalan. Karena pembelajaran tidak hanya terpaku di dalam kelas seperti biasanya keseharian Belajar mengajar.

Adapun kegiatan partisipasi yang diikuti para praktekan selama melaksanakan Praktek Pendalaman Lapangan (PPL) di SMA Serba Bakti Suryalaya sebagai berikut:

  1. Ikut serta dalam kegiatan piket berdasarkan jadwal yang telah disesuaikan sebelumnya.
  2. Mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan yang diselenggarakan Sekolah
  3. Mengikuti Upacara Bandera hari senin
  4. Mengikuti Upacara Peringatan Hari Pendidikan Suryalaya (HarDikSur)
  5. Mengikuti Pawai Natura menjelang Milad Pondok Pesantren Suryalaya.

 

  1. Agenda Kegiatan Praktek

Karena kelompok kami ditugaskan mengikuti Praktek di SMA, maka bidang studi yang dapat digantikan oleh para praktekan adalah bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Tidak seperti halnya di Madrasah yang Pendidikan agamanya diklasifikasikan secara terperinci menjadi beberapa bidang studi.

PembagianTugas Mengajar

HARI

KELAS

X 1

X 2

X 3

XI IPA

XI IPS 2

XI IPS 3

XII

IPA 1

XII

IPA 2

XII

IPS 1

XII

IPS 2

SENIN

 

 

 

 

 

 

3

 

 

1

SELASA

 

 

 

 

 

 

 

3

1

 

RABU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KAMIS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JUM’AT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SABTU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketarangan:

  1. Asep Saepul Rizal
  2. Atikah
  3. Fatimah Purnama Dewi
  4. Mila Mariska
    1. Phonike Herliani

 

  1. Kegiatan Yang Dilaksanakan
    1. Pembagian Jadwal Piket

NO

NAMA PRAKTIKAN

HARI PIKET

S

S

R

K

J

S

1.

Asep Saepul Rizal

V

V

 

V

V

V

2.

Atikah

 

 

 

 

 

 

3.

Fatimah Purnama Dewi

 

 

 

 

 

 

4.

Mila Mariska

 

 

 

 

 

 

5.

Phonike Herliani

 

 

 

 

 

 

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kelas X

Kelas XI

Kelas XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas (SMA) Serba Bakti

Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/ Semester           : XII / I (ganjil)

Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit (dua kali pertemuan)

  1. Standar Kompetensi

Memahami Ayat-ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi

  1. Kompetensi Dasar
  2. Membaca QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29.
  3. Menjelaskan arti QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29.
  4. Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29.
    1. Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1. Mampu membaca QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29 dengan baik dan benar (tartil)

1.2. Mampu menjelaskan arti QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29

1.3. Mampu menerapkan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29

  1. Materi Ajar

QS. Al-Kafirun (109): 1-6

ö@è% $pkš‰r’¯»tƒ šcrãÏÿ»x6ø9$# ÇÊÈ   Iw ߉ç6ôãr& $tB tbr߉ç7÷ès? ÇËÈ   Iwur óOçFRr& tbr߉Î7»tã !$tB ߉ç7ôãr& ÇÌÈ   Iwur O$tRr& ӉÎ/%tæ $¨B ÷L–n‰t6tã ÇÍÈ   Iwur óOçFRr& tbr߉Î7»tã !$tB ߉ç6ôãr& ÇÎÈ   ö/ä3s9 ö/ä3ãYƒÏŠ u’Í<ur Èûïϊ ÇÏÈ  

1. Katakanlah: “Hai orang-orang kafir,

2. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

3. dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.

4. dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,

5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.

6. untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”

QS. Yunus (10): 40-41

Nåk÷]ÏBur `¨B ß`ÏB÷sム¾ÏmÎ/ Nåk÷]ÏBur `¨B žw ÚÆÏB÷sム¾ÏmÎ/ 4 y7š/u‘ur ÞOn=÷ær& tûïωšøÿßJø9$$Î/ ÇÍÉÈ   bÎ)ur x8qç/¤‹x. @à)sù ’Ík< ’Í?yJtã öNä3s9ur öNä3è=yJtã ( OçFRr& tbqä«ÿƒÌt/ !$£JÏB ã@yJôãr& O$tRr&ur Öäü“̍t/ $£JÏiB tbqè=yJ÷ès? Ç

40. di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

41. jika mereka mendustakan kamu, Maka Katakanlah: “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan”.

QS. Al-Kahfi (18): 29

È@è%ur ‘,ysø9$# `ÏB óOä3În/§‘ ( `yJsù uä!$x© `ÏB÷sã‹ù=sù ÆtBur uä!$x© öàÿõ3u‹ù=sù 4 !$¯RÎ) $tRô‰tGôãr& tûüÏJÎ=»©à=Ï9 #·‘$tR xÞ%tnr& öNÍkÍ5 $ygè%ϊ#uŽß  4 bÎ)ur (#qèVŠÉótGó¡o„ (#qèO$tóム&ä!$yJÎ/ È@ôgßJø9$%x. “Èqô±o„ onqã_âqø9$# 4 š[ø©Î/ Ü>#uŽ¤³9$# ôNuä!$y™ur $¸)xÿs?öãB ÇËÒÈ  

29. dan Katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; Maka Barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan Barangsiapa yang ingin (kafir) Biarlah ia kafir”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.

  1. Metode Pembelajaran

Ceramah, Partisipasi, Tanya jawab, Praktek, tugas

  1. Langkah-langkah pembelajaran
  2. Kegiatan Awal
  3. Orientasi
 
  • Guru mengucapkan salam
  • Menanyakan kabar peserta didik
  • Guru menanyakan kesiapan peserta didik
  • Guru memandu peserta didik untuk membuka pebelajaran dengan basmallah
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik
  1. Apresiasi
  • Guru mengulas pembelajaran sebelumnya
  • Guru memberi beberapa pertanyaan seputar pembelajaran sebelumnya
  1. Motivasi
  • Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator
  • Guru mengemukakan manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari
  1. Prasyarat
  • Peserta didik mampu membaca Al-Qur’an
  1. Kegiatan Inti
  2. Eksplorasi
  • Guru menggali pengetahuan awal peserta didik tentang toleransi dan ayat yang akan disampaikan melalui pertanyaan (Tanya jawab)
  • Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk member syakal salah satu ayat tentang toleransi
  • Guru mengajak peserta didik untuk membaca ayat-ayat tentang toleransi (QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29) bersama-sama
  • Guru bersama peserta didik menyebutkan hokum bacaan (tajwid) yang terdapat dalam ayat-ayat tentang toleransi (QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29)
  • Guru memandu peserta didik untuk menterjemahkan ayat per Kalimah.
  • Guru memberi penjelasan (syarah) dari terjemah ayat tentang toleransi
  • Guru menjelaskan pentingnya toleransi dalam kehidupan berdasarkan QS. Al-Kafirun (109): 1-6, QS. Yunus (10): 40-41, dan QS. Al-Kahfi (18): 29
  1. Elaborasi
  • Guru member waktu kepada peserta didik untuk menelaah kembali ayat tentang toleransi
  • Guru mengajak peserta didik untuk menyebutkan hokum tajwid dari ayat tentang toleransi bersama-sama
  • Guru meminta peserta didik untuk menulis ayat tentang toleransi
  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
  1. Konfirmasi
  • Guru membetulkan bacaan peserta didik yang kurang tepat
  • Guru membetulkan penerapan hokum tajwid yang belum tepat
  • Guru menjawab pertanyaan peserta didik
  • Guru member penguatan tentang materi yang disampaikan
  1. Kegiatan Akhir
  2. Melakukan refleksi bersama peserta didik tentang pelajaran yang disampaikan
  3. Tindak lanjut
  • Guru member tugas pekerjaan rumah
  • Guru menegaskan untuk penerapan toleransi dalam kehidupan
  • Guru membagi kelas menjadi enam kelompok
  • Guru memberi tugas kepada setiap kelompok untuk membuat makalah menganai materi selanjutnya (etos kerja)
  1. Penutup
  • Guru menutup/ mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah bersama-sama
  • Guru mengucapkan salam sebelum meninggalkan kelas
  1. Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran PAI Kelas XII SMA jilid 3, Bachrul Ilmy, 2008
  • LKS PAI XII Semester ganjil
  1. Penilaian
  • Tes Tulisan

No.

Contoh Instrumen

  1.  

Apa yang dimaksud dengan Toleransi

  1.  

Tuliskan dua ayat tentang toleransi

  1.  

 

 

Suryalaya, 23 Juli 2012

Guru Pamong                                                       Guru Praktikan

 

Agus Samsul Bassar, M.MPd                                     Asep Saepul Rizal

NIM.: 0921.018

Memeriksa dan Menyetujui

Kepala SMA Serba Bakti

 

Dra. Ai Warisdiani,

NIP. 196406121989032018

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

 

Nama Sekolah           : SMA SERBA BAKTI SURYALAYA

Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester          : XII / 1

Waktu                                    : 2 x 45 menit

Aspek                                     :  Al-Qur’an

 

  1. Standar Kompetensi
  2. Kompetensi Dasar
  1. memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja

2.1.     Membaca Al-Quran Surah Al-Mujadalah ayat 11 dan Al-Quran Surah Al-Jumuah ayat 9-10

2.2.     Menjelaskan arti Al-Quran Surah Al-Mujadalah ayat 11 dan Al-Quran Suroh Al-Jumuah ayat 9-10

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi

2.1.1.        Mampu membaca QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jumuah ayat  9-10 dengan baik dan benar.

2.1.2.        Mampu mengidentifikasi tajwid dari QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jumuah ayat 9-10 dengan tepat.

2.2.1.        Mampu mengartikan ayat  QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jumuah ayat  9-10 dengan baik dan benar.

2.2.2.        Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jumuah  ayat 9-10 dengan tepat.

  1. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik diharapkan :

  • Mampu membaca QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jumuah ayat 9-10 dengan baik dan benar.
  • Mampu mengidentifikasi tajwid dari QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jumuah ayat 9-10 dengan tepat.
  • Mampu mengartikan ayat  QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jumuah ayat 9-10 dengan baik dan benar.
  • Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jumuah ayat  9-10 dengan tepat.
  1. Materi Ajar (Materi Pokok)
  • Q.S. Al-Mujadalah ayat 11

$pkš‰r’¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? †Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râ“à±S$# (#râ“à±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_u‘yŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ  

11. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

 

  • Q.S. Al-Jumuah ayat  9-10

$pkš‰r’¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) š”ÏŠqçR Ío4qn=¢Á=Ï9 `ÏB ÏQöqtƒ ÏpyèßJàfø9$# (#öqyèó™$$sù 4’n<Î) ̍ø.ό «!$# (#râ‘sŒur yìø‹t7ø9$# 4 öNä3Ï9ºsŒ ׎öyz öNä3©9 bÎ) óOçGYä. tbqßJn=÷ès? ÇÒÈ   #sŒÎ*sù ÏMuŠÅÒè% äo4qn=¢Á9$# (#rãÏ±tFR$$sù ’Îû ÇÚö‘F{$# (#qäótGö/$#ur `ÏB È@ôÒsù «!$# (#rãä.øŒ$#ur ©!$# #ZŽÏWx. ö/ä3¯=yè©9 tbqßsÎ=øÿè?

9. Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[1475]. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

10. apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

  1. Metode Pembelajaran:

Ceramah , tanya jawab, diskusi dan Praktek

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal

Orientasi :

  • Guru mengucapkan Salam
  • Guru memandu berdo’a sebelum belajar
  • Guru mengecek kehadiran Peserta didik

Apersepsi :

  • Guru memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi tentang etos kerja

Motivasi

  • Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari ayat Al-Qur’an tentang etos kerja dengan mengaitkan ke mata pelajaran lain dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari

Prasarat

  • Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán

Pemberian Acuan

  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
  1. Kegiatan Inti

Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

Eksplorasi

  • Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, sambil menggali pengetahuan awal dan pengalaman peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang etos kerja
  • Guru membacakan ayat-ayat tentang etos kerja, peserta didik mendengarkan dan mengulang bacaan 
  • Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang terdapat dalam ayat-ayat tentang etos kerja, peserta didik menyimak dengan baik
  • Guru mengartikan ayat-ayat tentang etos kerja, peserta didik mengulang arti ayat

Elaborasi

  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membaca ulang ayat-ayat tentang etos kerja secara klasikal dan individu
  • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan dan mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam ayat-ayat tentang etos kerja
  • Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya

Konfirmasi

  • Guru bersama peserta didik melakukan tanya jawab dan meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan
  • Guru memandu siswa untuk pengambilan kesimpulan
  1. Kegiatan Akhir (Penutup)
  1. Refleksi

Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

  1. Tindak Lanjut

Peserta didik diberi tugas untuk mengerjakan pekerjaan rumah

  1. Guru menutup / mengakhiri pelajaran  dengan membaca hamdalah/doá.
  2. Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
  3. Bahan/Sumber Belajar
  • Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  • Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
  1. Penilaian
  2. Teknik penilaian
  3. Keaktifan saat diskusi
    1. Bentuk instrumen
    2. Daftar penilaian diskusi
    3. Kinerja (Pengamatan diskusi dan kerja kelompok), dengan format :

 

NO

NAMA

AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN

Presen

tasi

Menang

gapi

bertanya

Menja

wab

Kesungguhan

& partisipasi

TO

TAL

1

………………….

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk (Laporan hasil diskusi), dengan format :

 

NO

 

NAMA

LAPORAN HASIL DISKUSI

Tepat dlm

mengumpulkan

Kerapihan

Catatan

Kelengkapan

sistematika

 

Total

nilai

1

………………….

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

PEDOMAN PENILAIAN :

 1         =  sangat kurang,

 2         =  kurang,

 3         =  cukup,

 4         =  baik ,

 5         = sangat baik.  

Score maks = 5 x 4 = 20

Score yg diperoleh adalah : 5x 20= 100.

 Jadi  score = score yg diperoleh / score maksimal

LEMBAR TUGAS

 

 

 

 

 

Salinlah QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jumuah : 9-10 dengan baik dan benar, kemudian artikan dan carilah kalimat/ayat yang berhubungan dengan tajwid: ikhfa, idgham, dan izhar.

                                                           

Guru Pamong

 

 

 

AGUS SYAMSUL BASAR, M.MPd

Tasikmalaya,  September 2012

Praktikan

 

 

 

ASEP SAEPUL RIZAL

NIM: 0921.018

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

Dra. AI WARISDIANI, M.Pd

NIP: 196406121989032018

 

  1. Analisis Hasil Ulangan Harian

ANALISIS HASIL EVALUASI BELAJAR

Mata Pelajaran           : PAI

Kelas/Semester          : XII IPS II

Jenis Evaluasi            : Ulangan Harian

Standar Kompetensi  : Memahami Ayat-ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi

No

Nama

No soal

1

2

3

4

5

Nilai Akhir

1.

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

 

 

9.

 

 

 

 

 

 

 

10.

 

 

 

 

 

 

 

11.

 

 

 

 

 

 

 

12.

 

 

 

 

 

 

 

13.

 

 

 

 

 

 

 

14.

 

 

 

 

 

 

 

15.

 

 

 

 

 

 

 

16.

 

 

 

 

 

 

 

17.

 

 

 

 

 

 

 

18.

 

 

 

 

 

 

 

19.

 

 

 

 

 

 

 

20.

 

 

 

 

 

 

 

21.

 

 

 

 

 

 

 

22.

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

SIMPULAN DAN SARAN

  1. A.    SIMPULAN

Berdasarkan pada terlaksananya Praktek Pendalaman Lapangan (PPL) IAILM di SMA Serba Bakti menghantarkan penyusun pada beberapa kesimpulan. Dengan pelaksanaan PPL dimana pada pelaksanaannya adalah mahasiswa berperan sebagai pengajar yang sebenarnya. Peserta PPL dituntut untuk mampu melaksanakan segala tugasdan kewajiban sebagai pengajar, dari mulai persiapan mengajar sampai pada evaluasi.

Praktek keguruan ini memberikan banyak manfaat bagi penyusun untuk pelaksanaan mengajar yang sebenarnya dikemudian hari. Adapun beberapa manfaat yang dapat dirasakan yaitu:

  1. Terbiasa dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  2. Dapat menerapkan teknik-teknik penyampaian materi pembelajaran berdasarkan keadaan riil peserta didik, tidak hanya dari teori
  3. Mengetahui syarat-syarat sarana persekolahan
  4. Belajar untuk mampu memanfaatkan situasi fisik, psikis, sosial dalam pembimbingan peserta didik
    1. Terbiasa melaksanakan evaluasi.

Akan tetapi, pelaksanaannya menjadi kurang efektif sebab waktu yang dijadwalkan oleh Lembaga IAILM melewati Bulan Suci Ramadhan. Sehingga waktu praktek terpotong dengan libur pra Puasa, Pesantren Ramadhan dan libur pasca Ramadhan.

  1. B.     SARAN
  2. Kepada mahasiswa calon peserta PPL

Persiapan pra pelaksanaan PPL sangat diperlukan, baik dari segi mental, materi dan sebagainya. Terutama untuk mahasiswa yang belum pernah melakukan pembelajaran sebelumnya.

Kemudian ketika pelaksanaan PPL, manfaatkan waktu seoptimal mungkin dan lakukan pendekatan secara emosional sedekat-dekatnya kepada seluruh unsure di Sekolah tempat pelaksanaan PPL.

  1. Kepada Lembaga IAILM

Semoga dapat dimatangkan lagi perhitungan waktu pelaksanaan PPL di Tahun-tahun yang akan dating demi optimalisasi pelaksanaan PPL. 

 KATA PENGANTAR

Bismillâhirrohmânirrohîm

Segala Puja Puji hanya milik Allah SWT. yang Maha Pemurah dan Maha Pemberi Petunjuk kepada hamba-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan Laporan Praktek Pendalaman Lapangan (PPL) ini.

Salawat serta Salam semoga senantiasa terlimpah curahkan kepada Junjunan alam, Rosul pilihan, kepada keluarganya, sahabat, tabi’in, tabi’it Tabi’in dan semua umatnya yang senantiasa mengikuti ajaran Beliau hingga hari pembalasan.

Laporan ini disusun sebagai tugas Pelaksanaan Kegiatan Praktek Keguruan pada semester ke tujuh di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, yang merupakan bagian integral Program S1 PAI. Laporan yang terkandung di dalamnya merupakan hasil observasi dan praktek mengajar yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli sampai dengan tanggal 15 September 2012.

Laporan ini sangat singkat dan padat, tentunya masih banyak yang tidak dapat penyusun laporkan, karena ditunjang dengan masa praktek yang sangat singkat dan kurang luasnya pengetahuan serta keterbatasan pengalaman praktikan.

Adapun laporan observasi dan Praktek Keguruan ini berisi: Pendahuluan, Kondisi Objektif SMA Serba Bakti Suryalaya, Pelaksanaan Praktek Keguruan dan Ujian Akhir Praktek Keguruan.

Laporan ini dapat penyusun selesaikan tiada lain berkat bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penyusun ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:

  1. Syaikh al-Mukarom KH. Ahamd Shohibul Wafa Tajul ‘Arifin (Abah Anom) selaku sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya yang senantiasa membimbing penyusun, mencurahkan barokah dan karomahnya kepada kita semua.
  2. Drs. H. Andri Ardiansyah, M.Ag selaku Dosen Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya
  3. Bapak Saeful Anwar, MSI. selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan motivasi, bimbingan dan arahan kepada penyusun dalam melaksanakan tugas.
  4. Kepala Sekolah dan Dewan Guru SMA Serba Bakti Suryalaya yang senantiasa memberikan kesempatan kepada penyusun untuk melaksanakan Praktek Keguruan di SMA Serba Bakti Suryalaya
  5. Bapak Agus Syamsul Bassar, M.M.Pd selaku Guru Pamong yang telah memberikan motivasi, arahan, dan petunjuk selama melaksanakan kegiatan Praktek Pendalaman Lapangan (PPL).
  6. Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang telah banyak membantu penyusun baik moril maupun materil serta do’a untuk penyusun selama melaksanakan kegiatan PPL sehingga dapat menyelesaikannya dengan baik dan lancar.

Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, baik dalam kesempurnaan penyajian, sistematika, maupun isi laporan. Oleh karena itu, penyusun membuka diri sepenuhnya untuk kritik dan saran yang sifatnya membangun demi perbaikan kemampuan penyusun dalam penyusunan laporan ini di masa yang akan datang.

Akhirnya semoga Allah Swt. senantiasa meridhai segala aktifitas kita semua dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penyusun, Dosen Pembimbing, Lembaga SMA Serba Bakti Suryalaya dan Lembaga IAILM itu sendiri.

 

Tasikmalaya, 15 September 2012

Penyusun

 

 

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………… i

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………… iii

BAB I Pendahuluan

  1. Latar Belakang Laporan ………………………………………………………………. 1
  2. Dasar Hukum Laporan ………………………………………………………………… 2
  3. Tujuan dan Manfaat Praktek Keguruan …………………………………………. 2
  4. Sistimatika Laporan ……………………………………………………………………. 2

BAB II Deskripsi Lokasi Praktek Keguruan

  1. Lokasi Praktek Keguruan …………………………………………………………….. 3
  2. Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan ……………………………………………………… 8
  3. Keadaan Civitas Akademika
    1. Guru ……………………………………………………………………………………. 8
    2. Karyawan …………………………………………………………………………….. 11
    3. Peserta Didik ………………………………………………………………………… 11
    4. Kegiatan Ekstrakurikuler …………………………………………………………….. 12

BAB III Laporan Hasil Praktek Keguruan

  1. Laporan Hasil Observasi………………………………………………………………. 14
  2. Laporan Hasil Partisipasi………………………………………………………………. 14
  3. Agenda Kegiatan Praktek ……………………………………………………………. 15
  4. Kegiatan yang Dilaksanakan …………………………………………………………
  5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ……………………………………………….
  6. Analisis Hasil Ulangan Harian ………………………………………………………

BAB IV Simpulan dan Saran

  1. Simpulan ……………………………………………………………………………………
  2. Saran …………………………………………………………………………………………

Lampiran ………………………………………………………………………………………………

 

 

About lusikurniasandi

simple

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: